Tuesday, January 20, 2015

Tips Kehamilan Trimester Pertama

Beriku ini adalah Tips kehamilan trimester pertama

 1. Pakailah baju yang longgar
Jika sering mengalami mual dan muntah ibu hamil dapat menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu perbanyaklah ibu hamil minum air putih atau jus buah di luar jadwal makan.

2. Perhatikan Pola Makan
Hindarkan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau berminyak seperti hidangan bersantan, gorengan atau daging berlemak.

3. Hindari aneka macam bau-bauan yang menyengat 
hal ini untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa mual dan muntah.

4. Biasakan menyikat gigi setelah ibu hamil makan atau setelah mengalami muntah.
Untuk menghindarkan rasa mual dan pusing lainnya, usahakan secara perlahan-lahan ketika ibu hamil hendak bangun dari tidur atau berbaring, jangan dilakukan secara sekaligus dan spontan
Ada baiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil namun sering, hal ini juga untuk menghindarkan ibu hamil mengalami mual dan muntah

5. Sediakanlah selalu minuman dan makanan di ruang tidur
hal ini dilakukan agar stelah makan makanan tersebut, ibu hamil terhindar dari rasa mual dan muntah pada saat akan beraktivitas. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan.

6. Aktif bergaul
Bergabunglah atau carilah teman yang juga sedang mengalami kehamilan, atau bergabung  di komunitas-komunitas ibu hamil agar dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman.

7. Makanlah cemilan di pagi hari sebelum bangkit dari tempat tidur.

8. Minumlah susu hangat bila ibu hamil mengalami insomnia atau kesulitan tidur.

9. Bila ibu hamil mengalami sembelit, minumlah air putih minimal 12 gelas sehari.


10. Jika ibu hamil merasa sakit di bagian bawah perut dan terlihat adanya flek darah, khususnya setelah kehamilan usia lebih dari 4 minggu, segera hubungi dokter.

No comments:

Post a Comment